*hm..  gue jadi pengen bikin categories khusus, “suami iseng” :D ntar kalo dah terkumpul banyak, kali-kali bisa dibikin buku, terus dapat royalty dah.. lumayan kan buat nambah2 duit blanja.. wakaka…

Jadi ceritanya di suatu milis yg gue ikutin lagi ada event Soes Week.. Siapa ajah boleh posting karyanya.. *resepnya sih boleh ikut resep mana ajah, yg penting dibuat dengan tangan sendiri..

Saking pengennya nyoba bikin soes, tapi ga punya ide mo bikin soes kaya apa.. Jadilah ngeributin suami, minta masukkan mesti bikin soes yg kaya apa.. Eh, disuruh bikin soes vla yg standard ajah.. Itu pun kan belum tentu jadi, katanyaa..  Huaaa.. ya emang percobaan pertama bikin dulu, gagal tuh soes nyaa.. terus jadi patah arang mo nyoba lagi.. :D

Tapi kan gaya yaa.. masa bikin soes standard doang..ga seru dong.. manapula member yg lain pada bikin kreasi soes yg cantik dan inovatif.. Ga mau kalah dongg.. Jadi gangguin suami lagi.. maksa dia kasih masukkan yg lebih okeh.. Eh, malah  di jawab, “Ooo, bikin Soes ini ajah.. Suuuusss…ssiiii… Si Milikiti Weleh-weleh..” Huaa.. terus ketawa senang dia… Istrinya ini jadi manyun.. punya suami kok iseng banget :P

Sambil manyun, mikir-mikir.. Eh, kenapa ga Soes nya di namain kaya gitu ajah.. jadilah berpikir keras mesti dibuatin isi soes kaya apa.. biar matching ama namanyaa.. :D

Jadilah
SUSI SI MILIKITI WELEH-WELEH
(SOES ISI Beef Salami, Brokoli, Keju di parutin dan mweleleh-mweleleh)
*iya, emang maksa.com, biarin dah.. :P


sus

Berhubung dari awal udah pengennya bikin soes gurih, pilihan jatuh ke Soes yg isinya brokoli and cheese, ditambah beef salami (daripada isi cuMI-cuMi, ato bakMI :p lebih susah mikirnya).. Sempat mo dikasih TImun juga biar match ama namanya, tp kok ga nyambung kayanya :D

Tapi beneran, abis ketemu nama iseng nya, jd semangat mo bikin.. ahaha..

Soes nya dipanggang di wonderpan, karena entah kenapa percobaan pertama pake otang kok keburu gosong bawahnya, atasnya masih keluar gelembung-gelembungnya.. Wonderpan ini udah di kirim Mama mertua dari Makassar sejak beberapa waktu yg lalu, sehabis  ngadu tentang percobaan pertama yg gagal itu.. Bukan karena di Jakarta ga ada yg jual wonderpan, *malah benernya udah ada jg di rumah*, tapi karena wonderpan yg ini emang udah dibikinkan tambahan “loyang” supaya bisa untuk bikin soes.. Alhasil sebelum nyoba pake wonderpan nya, konsultasi dulu by phone ke Mertua.. Eh, ternyata berhasil.. berhasil… Senangnyaa… :D

Resepnya SOES nya dari Soes Isi Vla by Fatmah Bahalwan, bisa dilihat di web NCC .

Isiannya sbb :
Beef Salami, potong kotak 7,5mm x 7,5mm (ahaha.. ga harus segitu kok, susah ngukur pake penggarisnyaa, sesuka hati ajah), lalu panaskan di atas penggorengan
Brokoli di potong, rebus sebentar dan tiriskan, lalu siram air dingin supaya warna tetap cantik..
Keju cheddar parut
Semua bahan diatas jumlah nya sesuai selera yaa.. Hihi..

Saus keju nyaa..
2 sdm margarine, dilelehkan, masukkan
3 sdm terigu, aduk hingga rata, tambahkan
250ml susu UHT (biar pas satu kotak), aduk hingga mengental,
bumbui dengan garam, lada dan pala sesuai selera
tambahkan sebagian keju cheddar parut dan beef salami

Penyelesaian :
Buat soes bentuk memanjang, caraku dengan menyemport adonan soes pakai spuit 1M, buat 2 lajur bersebelahan, masing2 5 semprot.. semprotan pertama dan terakhir buat lebih kecil dari yg 3 semprot ditengah.. (haaa.. bingung, kan.. soalnya lupa photoin sebelum dipanggang :D )

Setelah soes jadi dan dingin, belah memanjang tidak terputus bagian bawahnya..

Isi dengan saus keju, tata brokoli, taburi dengan keju parut, beef salami, dan hias lagi dengan lelehan saus..
Kalo mau brokolinya ga terlalu berasa brokoli ya dicelum dulu ke saus keju, tapi jadi ga ijo-ijo lagi pas di tata..
Jadi deh… SUSI SI MILIKITI WELEH-WELEH:D hehe..
Sekarang objek photonya udah ludes di perut.. yum..

TrackBack URI | RSS feed for comments on this post

6 Responses

  1. 1 arman
    2009 Nov 06

    wah menarik tuh sus nya…

    btw susi similikiti itu kan namanya pelawak kan? ya gak sih?

  2. 2 Peggy
    2009 Nov 06

    Hehe.. Susi Similikiti itu entah nama julukan, entah nama sebenar nya dari Tukul yg bawain acara Bukan Empat Mata (dulu “Empat Mata” doang).. untuk istrinya.. nama istrinya emang Susi.. tapi entah apa Similikiti nya itu nama asli..

    Tapi ya.. gue baru nyadar, klo ternyata.. ga semua orang tuh tau acara ini lho.. soalnya udah gue tulis ceritanya panjang lebar *emang sih ga kasih clue kalo ini sebutan Tukul buat istrinyaa..* eh, moderator nya masih tulis pengantar nya gini, “Diberi nama Si Milikiti Weleh-weleh oleh sang suami tercinta yang sedang iseng menggoda”..

    Lho.. padahal kan bukan dinamain Si Milikiti.. Tapi dari kata Soes itu, diplesetin jadi Sus..i Similikiti..
    :D

  3. 3 limmy mama radhika dan rania
    2009 Nov 06

    hahaha gue lgs inget istrinya tukul peg.
    kalo tukul baca blog lu, ntar dia minta royalti juga lho. hahaha

  4. 4 arman
    2009 Nov 07

    haha lu gak kasih tau ke moderatornya? :P

  5. 5 Pucca
    2009 Nov 09

    iya peg, nti dusuruh bayar royalti kalo sus lu jaid terkenal hahaha..
    tapi suami emang asli iseng :P

  6. 6 febby
    2010 Jan 19

    hahahhaha … tampilan si susi mirip kyk sajian di hotel2 gitu yaa Pe … ck ck ck, emang beda kalo yang mencipta kokih sejatih :p