*another post for thanking God (bahwa ternyata masih banyak orang yg baik hati.. )

Ok, pertama gue mo kasih tahu gimana menghemat uang kamu sampe dua ratus ribu rupiah..

Jadi SIM C gue abis nih udah dari September.. Dan SIM ini gue buat di Semarang.. Karena ga ada kesempatan pulang, dan SIM C ini dah ga pernah dipake lagi, jadi gue lupa sama sekali..

Pas ada kesempatan pulang bentar, gue lupa dong bawa SIM ini, karena emang dah lama ga ditaro di dompet.. Jadi yg bisa gue lakuin ya ke kantor polisi dan “mencabut  berkas” dari kantor polisi  Semarang untuk mengurus perpanjangan SIM di Jakarta ato Tangerang. Surat mutasi (cabut berkas) ini berlaku 2 bulan, jadi dalam 2 bulan gue harus perpanjang, ato cukup lapor saja kalo SIM masih berlaku (contohnya SIM B1 gue masih berlaku sampe tahun depan).

So, hari Jumat lalu, setelah cari-cari info ke biro jasa, dapat info kalau SIM C udah abis, susah mendhingan bikin baru aja. Dan gue juga mo turunin SIM B1 gue ke SIM A aja, gue males ujian simulasi segala.  Ini juga pada bilang, anggap aja bikin baru di sini, ga usah pake surat mutasi. Ama biro jasa pertama, total biayanya untuk 2 SIM satu koma tiga lima puluh sajah.. Huaa.. kok mahal… Katanya sih di serpis abis dah.. diantar jemput juga untuk photo.. terima beres..

Jadi, gimana untuk menghemat dua ratus ribu rupiah Anda?

Cari aja biro jasa lain, ternyata biayanya satu koma satu lima puluh sajah.. :D Irit dua ratus ribu kaannnn :P Emang sih mesti ke sono sendiri..

Jadilah gue dan suami pilih biro jasa yang kedua.. ke sono sendiri, dan kesasar dulu dong.. wakaka… Untung dijelasin lagi ama biro jasa yg kedua ini.. Jadi sampelah dengan selamat ke Satpas.. (pertama kita nyasar ke Samsat tempat urus STNK)

Nah, terus gimana menghemat sembilan ratus sepuluh ribu rupiah Anda?

Gampangg…. Jadi sampe di Satpas, karena ama biro jasa disuruh ke dalam, kita celingukan mo masuk gedung, dan ditanya ama petugas (berpakaian preman?) Mo urus apa.. apa sudah tes kesehatan? Kalau belum, tes kesehatan dulu di PUJASERA.. Lha, ini sih bukan tes kesehatan dong ya, tapi tes kelaparan.. hehehe.. Ditambah pertanyaan, Mau  urus sendiri kan?

Karena awalnya kita ga ngerti maksud orang ini nanya2, jadilah suami jawab, Oh, pake biro jasa..

Petugas ini bilang, kenapa ga diurus sendiri, apalagi sudah ada surat mutasinya, gampang kok.. Kalo mau tes kesehatan sekarang, sebentar lagi tutup.Gue parno dong kalo dipersulit, ntar mesti mondar mandir urus ke situ kan jauh.. jadi gue bilang, pasti masih sempat nih Pak? Ga mesti bolak balik ke sini? Dijawab lagi, sebentar jadi kok bu, buruan aja tes kesehatan. tapi klo tetap mau pake biro jasa juga gpp.

Karena dari awal merasa kok mahal bener ya biro jasa ini.. Mana begitu masuk Satpas, terpampang gedhe-gedhe tulisan “HINDARI PENGURUSAN SIM MELALUI CALO” :p jadilah gue pandang2an ama suami, dan ya udah kita putusin, coba aja deh tes kesehatan dulu, liat ntar gimana, klo dipersulit ya baru besoknya datang lagi pake biro jasa deh..

So, dengan jalan tergesa2 ke Pujasera, yg agak jauh lokasinya, bayar dua puluh ribu rupiah, dites mata (baca huruf aja), terus balik lagi ke gedung.. Beli formulir di bank tujuh puluh lima ribu rupiah saja (untuk SIM C), jalan lagi ke tempat ambil formulir *heran kenapa ga dibuat sebelahan ajah :D

Terus balik lagi ke loket no.18 (karena mutasi), terus bayar tiga puluh ribu untuk photo, terus antri (tepatnya ga antri sih, ruangannya banyak) photo, ambil sidik jari dan tanda tangan..

Terus ke loket berapa lagi lupa gue, ambil SIM.. bayar lagi lima ribu rupiah untuk dompet SIM..Kelar deh..

Oya, harusnya ditanya mo asuransi ga, gue bilang dah ikut asuransi, jadi gue ga tahu bayar asuransi berapa..

Nah, di loket mutasi itu juga mestinya gue mo lapor SIM B1 yg masih berlaku untuk mutasi, tapi kok kesannya agak dipersulit, disuruh perpanjang aja sekalian, tes kesehatan lagi.. Duh, males balik ke sono lagi, kan jauh dan kuatir balik ke gedung dah tutup..

Jadi ya udah, dengan kebingungan, gue cerita ama petugas di pintu masuk pertama tadi, dan gue cerita juga kalo gue mo turunin jadi SIM A aja deh.. Eh, malah dibilang, ” kalo jadi SIM A ga usah tes kesehatan lagi, balik aja Bu ke petugas di loket tadi..”

Jadilah gue balik ke sono lagi.. beneran ga usah tes kesehatan lagi (tesnya sama ama SIM C), tapi gue harus bayar formulir di bank, delapan puluh ribu untuk SIM A, dan ambil formulir lagi.. Doh, jadi mondar mandir lagi.. Tapi ya udah deh sekalian.. Dan konyolnya jadi harus bayar & photo lagi, ambil sidik jari dan tanda tangan lagi :D

Untungnya ga mesti bayar dompet sim yg lima ribu rupiah lagi..

So total yg mesti gue bayar, dua ratus empat puluh ribu rupiah sajah..

Kata suami, “itu untuk satu SIM?”

Gue, dengan bangga.. “Untuk 2 SIM dongggg….” hehe.. smile from ear to ear..  big grin..

Hehe, jingkrak2.. merasa dapat duit sembilan ratus sepuluh ribu rupiah.. Wakaka…

Makasih ya Bapak-bapak yg jaga diluar gedung itu.. Saya jadi ngirit duit lumayan… Hari giniii…  Senang deh kalo masih banyak petugas yg ga melulu orientasi ke duit.. Meskipun gue ga tahu kenapa mesti bayar lagi buat photo, dan dompet yg ga bakal gue pake2 juga.. dan ga ada tanda terimanya juga.. tapi ya sudahlah..

TrackBack URI | RSS feed for comments on this post

4 Responses

  1. 1 arman
    2010 Dec 13

    seneng ya berhasil save 910K! :D
    btw gua heran aja kok lu bisa punya sim B1 sih, buat apaan?

  2. 2 Peggy
    2010 Dec 16

    Yup padahal duitnya juga ga ada wujudnya ya yg 910K itu.. :P

    Haha.. SIM B1 gue dah jelasin duu tuh Man di postingan yg di link itu..

    Jadi dulu dikasih tahu ama biro jasanya klo mobil CC besar harus pake sim B1.. Mumpung bisa nembak *LHO :D jadi ya udah bikin..
    Tapi kayanya sih sesat deh, soalnya kalo ga salah bukan CC besar ato kecil, tapi lebih ke berat total kendaraan yg dianggap..

  3. 3 Pucca
    2010 Dec 17

    sim B1? lu kaya supir truk wkwkwk..
    emang skarang gampang lagi ngurus sim, stnk, ke samsat aja urus sendiri, bahkan perpanjang stnk ada drive thru segala loh skarang peg..

  4. 4 lisa
    2010 Dec 28

    complicated story peg hahaha… memang deh urusan birokrasi indo super duper “rumit” deh. di sini perpanjang paspor, dulu pernah foto paspornya kudu ke satu tempat di orchard (bukan di kbri) & HARUS di situ. rese benerrr… mahal pulaa… untung sekarang udah di kbri, tapi, tetep aja MAHAL… masak 4 pasfoto, $10 = hampir 70ribu. udah gitu cm dipake 2. pemerasaaannn….