Kok aneh? (1)

Akhirnya nulis lagi, tapi kok jadi isi blog nya komplain melulu :D

Hm.. tepatnya sih mo sharing aja, beberapa keanehan yang gue alami.. supaya orang lain bisa lebih teliti..

Setelah gue berada dalam posisi produsen ato pemberi jasa ya, sering gue ngerasa takut banget customer gue tuh ga puas ato merasa ga mendapat hak mereka. Apalagi kalo pas gue sakit ya, wah, sampe dibela2in duduk dan mesti terhuyung-huyung balik lagi ke tempat tidur karena mau pingsan, demi untuk menyelesaikan kewajiban gue, supaya customer dapat hak mereka..
Tapi ini kok perusahaan-perusahaan besar pada ga peduli gitu ya kayanya..

Kebetulan (?) ini kejadian di satu lokasi.. ya karena kemarin gue perginya ke sono.. hihi.. sebut saja, “Kota Senang Berkali-lipat” Mall… Hihi.. mall yang baru itu.. yang lokasinya di jalan “Senang berkali-lipat”

Oya kejadian yg pertama sih waktu kunjungan ke “kota senang berlipat kali” yang sebelumnya sih….
Ini pengalaman aneh dengan tempat makan “Makan&Makan”

Seperti biasa kalo makan di tempat ini kita harus deposit sejumlah uang, ditukar dengan kartu yang akan terisi senilai uang yang kita depositkan. Nah, nanti kalau kita pesan makanan di counter-counter mereka, kartu ini diserahkan untuk pembayaran.. Kartu kemudian di gesek di mesin yang ada di masing-masing counter, dan nilai kartu akan terpotong sejumlah pembelanjaan kita. Udah pada tahu kan ya pasti..

Karena udah pernah makan di “Makan&Makan”, baik yg di mall ini maupun di mall lain, jadi kami langsung tukar deposit Rp 200.000,- dengan kartu.. Mbaknya cukup ramah dengan pesan bahwa deposit kartu berlaku 30 hari saja, jadi kalau ga mau ntar lupa nukarin sisa deposit, dan lalu hangus, selesai makan, tukar uang hari ini langsung saja. Okay.. Plus si mbak pesan.. “Nanti tukarnya di sini lagi ya”

Lalu kita kelilinglah mau pilih makan apa.. Tapi sudah seluruh area dikelilingin, kok ga ada yang bikin pengen.. Jadi hubby ajak keluar cari pilihan tempat makan di sekitar area “Makan&Makan”.. Kartunya tetap kita bawa dulu, siapa tahu ga ada yang sreg juga di luar, ya terpaksa pilih dari yang ada di dalam..

Akhirnya ada deh yang kita pengen di luar area “Makan&Makan”, jadi kita balik ke counter deposit, tapi kali ini yang di ujung satunya dari yang pertama kita tukar uang.. Jadi mereka ada 2 lokasi tukar uang-kartu ini..

Kartu digesek, dan mbaknya bilang “Sisanya seratus sembilan puluh ribu ya Bu”
Gue.. bengong… “Oh, kalau ga ada pemakaian, kena potong sepuluh ribu ya?”
Mbaknya bingung “Oh, ngga ada, kok Bu.. ini ada dipakai dimana ya?”
Lha.. gue makin bingung, gue jelasin kalau ini kartu gue tukarin deposit tadi Rp 200.000,- dan gue ga jadi pakai sama sekali karena ga ada yang kepengen dibeli di dalam.. Makanya gue heran kok kepotong..
“Tapi ini ada refund Rp 10.000,-, Bu” kata mbaknyaa sambil heran juga, kok ada refund, tapi ga ada pembelanjaan di counter apa..

Akhirnya si mbak telepon supervisor nya, bicara apa ga jelas gue.. lalu kita disuruh tunggu, si mbak ke dalam nemuin supervisornyaa.. katanya mo cari tahu dimana salahnya.

Lama juga gue nunggu, sampe akhirnya mbak nya balik, bilang maaf lama nunggunya, lalu balikin duit gue Rp 200.000,-, tanpa jelasin kenapa kartu gue jadi tinggal Rp 190.000,- nilainyaa..

Setelah gue tanya, baru katanya ada kesalahan di pihak mereka. Tetap tanpa permintaan maaf.. Maafnya hanya karena gue jadi lama nungguin dia tadi..

Kok aneh?
Kalo misal tadi gue belanjain nih.. terus gue ga hapal gue belanja makan berapa, minum berapa, hubby beli makan dan minum masing-masing berapa dan total kerusakan berapa, lalu gue di kembalikan sisa depositnya selisih Rp 10.000,- Gue bakal ga sadar dong..

Terus kira-kira ada berapa customer dong yang ga sadar ada selisih ini dalam sehari, seminggu, sebulan, setahun??

Lalu gue jadi tergiang-giang pesan persuasif si mbak pertama tadi..
“Nanti tukarnya di sini lagi ya”
Kenapa bukan dia info kalau “nanti tukarnya bisa disini, atau di counter yang di ujung satu lagi”?

Entahlah…
Kemarin gue sempat mo nyoba lagi tukar uang ddan tukar balik tanpa pembelanjaan.. Pengen lihat apa masih ada kesalahan yang sama..
Tapi berhubung ga sempat waktunya ya udah ga jadi :D

TrackBack URI | RSS feed for comments on this post

4 Responses

  1. 1 arman
    2011 Jun 10

    wah iya mesti lebih ati2 tuh. berarti harus bener2 diitung ya kembaliannya… gile juga bisa beda 10rb gitu…

  2. 2 Pucca
    2011 Jun 10

    iya aneh, emang yang kaya2 gitu mesti hati2, di supermarket juga kadang harganya beda di kasir ama di rak..
    lu iseng amat sih peg mau coba lagi haha..

  3. 3 Peggy
    2011 Jun 12

    @ Arman.. Iya nyebelin ya kalo ga gara2 kita ga jadi pake kartunya, gue rasa ga akan nyadar deh.. soalnya beda 10rb ini bakal nongolnya di struk waktu abis digesek d counter pertama yang kita belanja.. pas tukar balik ke duit sih ga ketahuan pembelanjaannya lagi…
    Nah kalo ga urusan ama duit kan biasa kita ga perhatiin lagi itu struk nyaa..

    @ Viol.. iya, terakhir kemarin itu gue belanja di supermarket, sampe gue ingetin semua yg ditulis promo, gue apalin harga2nya.. awas aja sampe kena juga.. sebelumnya di Ac* Hardw*re juga kena soalnya.. arrgghh…
    Gue iseng mo nyoba lagi soalnya gregetan.. hihi.. itu kerjaan oknum (yg jaga) ato sistemnya jangan2..

  4. 4 niee
    2011 Jul 21

    Makan dimana seh mbak sampe perlu deposit sebelumnya gitu *katrok* hehehe,, Tapi aneh jg deh , sangkain ada biaya administrasi gitu, ternyata kagak toh..