Juni Panik

Ga berasa udah masuk bulan Juni, dan berarti juga usia lil’dragon udah masuk minggu ke  36. Another 4 weeks to go, itu juga kalo ga keburu lil’dragon mo keluar lebih awal.. Dan entah kenapa gue mulai merasa panik.. hahaha.. Kontrol hari Sabtu yg lalu, dokter bilang minggu depan bakal dicek apa posisi kepala lil’dragon udah mengarah jalan lahir.. Kalo belum, di cek lagi minggu depannya.. Kalo minggu depannya posisi kepala nya sudah masuk ke jalan lahir, berarti bisa lahir normal.. Nah.. kalo ternyata belum juga?? Dokternya ga jelasin sampai segitunya sih, soalnya minggu kemarin kita buru-buru juga mo ke kondangan..

Padahal ya gue baca-baca katanya ga selalu bayi udah masuk ke jalan lahir di minggu ke 36 atau 37.. Ada yang bahkan sampai saat mau lahiran baru bayinya cari posisi ke jalan lahir.. Huhu.. kok gue sering ngerasa nih dokter suka bikin panik gue ya.. Jadi ingat waktu awal hamil dulu, posisi baby masih melintang, dan bulan depannya malah kepala di atas.. Gue dah disuruh nungging-nungging aja.. yang mana gak gue lakuin juga karena gue kan darah rendah.. Apa kabar kalo nungging-nungging gitu, pasti keleyengan dan berkunang-kunang abisannya.. Eh, toh babynya akhirnya cari posisi sendiri kepala di bawah.. Dan belakangan gue baca di buku, memang baby baru cari posisi terbalik gitu mulai di minggu ke 28.. Lhaa.. perasaan dulu gue diminggu belasan sudah disuruh nungging, dok.. dok..

Semoga bisa lahir normal deh, kan lumayan bedanya haha *mommy irit*. Maksudnya kan kalo normal katanya lebih cepat pulih luka-lukanyaa.. Terus siapa tahu nanti rencana punya baby, ga perlu nunggu kelamaan.. Eeaa… tenang aja, kita belum rencana apa-apa, secara nunggu satu ini aja lamaaaanyaaa.. Tapi banyak yang bilang, kalo anak pertama nunggu lama, ntar anak kedua biasanya cepat..  Ya, kita sih liat ntar aja deh..

Panik yang lain, koper untuk dibawa ke rumah sakit belum lengkap isinya. Terus baru 1 kali cuci clodi padahal harus di prewash 3 kali.. Lha gue maunya cuci sekalian semua clodi itu biar praktis, tapi kalo sambil nyuci pakean kita, jemuran gue ga muat.. hahaha.. Dan beberapa hari ini kok mendhung dan hujan melulu.. huhu.. Terus, baju bayi perlu di cuci lebih dari sekali gak sih? Baru 1 kali cuci nih..

Nah, yang gak kalah penting dan bikin panik juga yaitu.. nama.. namaaa.. Siapa ini nanti namanya.. still no clue.. Gue sampai diketawain teman gue.. Tapi beneran nih.. kalo ada yang mo usul nama, ayo.. ayo.. ditunggu.. Ato gue bikin quiz aja ya biar banyak masukkan.. :P

Mana gue udah nanya-nanya prosedur urus akte kelahiran ya ke RS.. Masa karena kita tinggal di wilayah Tangerang Selatan, sebelum urus akte lahir anak ke catatan sipil, kita harus urus dulu pencantuman nama anak di kartu keluarga..

Heran ya, ini di Indonesia aja atau di semua tempat seribet ini sih.. Bayangin.. Dari awal kita lahir, waktu ortu kita urus akte lahir kita ya, mereka pasti sudah diminta semua dokumen kan yaa.. Terus abis akte lahir jadi, nama kita dimasukkin ke Kartu Keluarga kan.. Nah, kalo udah umur 17 tahun nih, kita mo bikin KTP nih kan ya.. Bakal diminta KK dan akte lahir kita lagi.. (padahal kan waktu bikin KK udah berdasarkan akte lahir kan yaa). Lanjutlah kita nikah nih.. bikin akte nikah nih ya, selain diminta KTP & KK, bakal diminta lagi akte lahir kita.. Lhaa.. kan bikin KK udah pake akte lahir, bikin KTP diminta lagi.. kok bikin akte nikah ya pake copy akte lahir lagi..

Udah selesai kah? Eh, belum ternyata.. Kalo setelah nikah terus kita punya anak.. ternyata eh ternyata untuk urus akte lahir anak kita.. selain KTP, KK, akte nikah, akte lahir kita sebagai orang tua nih diminta lagi.. Panjang banget ya perjalanan akte lahir kitaa.. Tapi itu belum seberapa.. karena saat anak kita nikah nanti.. akte lahir dan akta nikah kita pun bakal diminta juga sebagai pelengkap dokumen..

Padahal kalau dilihat di webite kependudukancapil sih ga perlu tuh akte lahir dan akta nikah ortu untuk pengurusan akta nikah anak.. tapi kenyataannya gue dulu harus melengkapi semua dokumen itu. Udah selengkap itu pun, nama suami masih ditambahin embel-embel nama keluarga dari bokap, yang jelas-jelas ga ada di akte lahir suami.. Jadi untuk apa dong kita kasih semua berkas lengkap gitu dari sejak lahir..

Anyway, percuma kayanya ngomongin birokrasi di Indonesia.. Semua pakai sistem “kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah”.. #capedeh #itulahindonesia

Oya, besok hari Sabtu.. jadi ingat harus buat check list apa yang harus dikerjain weekend besok..  Kalo ingat beberapa barang yang belum sempat dibeli, pengen deh weekdays siang-siang panggil taksi, terus gue keliling aja belanja sendiri.. Tapi ngeri juga kalo ntar kenapa-kenapa di jalan.. lebih baik nungguin hubby kalo weekend..  Padahal udah beberapa weekend tuh rasanya sibuk bener, ga sempat ngerjain banyak hal sekaligus..

Semoga weekend besok efektif deh, bisa lengkapin semua kekurangan belanja dan hal-hal lain yang mesti dikerjain..

TrackBack URI | RSS feed for comments on this post

4 Responses

  1. 1 arman
    2012 Jun 02

    kok perasaan dulu pas andrew lahir gak ribet ya peg…
    gua gak inget pastinya sih ya. tapi rasanya ya setelah lahir, dapet surat dari rumah sakit, trus tinggal bikin akte kelahiran. abis itu baru nambahin di kk.

  2. 2 Yulia
    2012 Jun 02

    Iya,anakku dua jg ga ribet. Ada agen di rumah sakitnya yg urusin akte. Lagian ga make sense dong harus KK dulu baru akte krn mau masukin nama ke KK harus ada akte.
    Btw, saya ga jualan lagi, ga dapet payung dong. Wkwkw

  3. 3 Pucca
    2012 Jun 04

    lah serius blom dapet nama peg? ya ampun udah mo brojol babynya :D
    iya bikin kuis aja, nanti gua ikut deh haha..

  4. 4 Peggy
    2012 Jun 04

    @ Arman, iya ini katanya peraturan khusus Tangerang Selatan.. Dan domisili gue termasuk di situ, jadi ya mesti ikutin aturan sono deh..

    @ Yulia, biarpun pake agen, tetap mesti kasih FC akte lahir ortu segala ngga? Duh mikir kalo ngurus sendiri juga pasti lebih ribet.. Dan ga tahu kenapa di Tangerang Selatan mesti masukin KK dulu baru akte, katanya biar dapat nomor kependudukan dulu..
    Btw, padahal ini piring cantik *kok elo ganti jadi payung sih hahaha* dah disiapin lho.. ahaha..

    @ Pucca, Iya nih Viol, belum dapat jugaaa.. Beneran deh kalo sampai hari Minggu depan namanya belum final juga, gue bikin sayembara deh.. hahaha.. Tapi hadiahnya apa yaa.. :P