Hiyak, langsung posting aja, klo ga mau tertunda 7 minggu kaya postingan yg sebelumnya ahahaha..

Kalo dulu  ya masa hamil, gue bisa dengan suka cita tetap makan enak, ga ada mual-mual, ga pernah muntah.

Proses lahiran ga pake mules-mules sama sekali sudah mesti caesar. Ini pun ga pake deg-deg’an karena saking cepatnya putusan caesarnya.

Sakit perut abis operasi ya masih tertahankan lah ya. Toh tetap bisa mandiin bayi sejak di rumah, ga pernah sekalipun dimandiin orang lain. Gendong-gendong sepanjang hari sendiri.

Galau ga berhasil IMD dengan benar, sudahlah, toh bayinya pinter banget nyusunya. Awal menyusui meski dengan lecet-lecet, tapi gigit-gigit bibir dikit bisa lah gue tahan. Mewek-mewek di awal karena bingung dan dikit labil, lewat sudah. Ovel  naik berat cepat, ndut, lucu, bikin gemes. Ga mesti ketar ketir BB stagnan. Syukurlah.

Tapiii begitu masuk masa MPASI, mati kutu lah gue.. Hiks.. Ga mencerminkan anak mamanya ini anak.. Lha wong mamanya doyan makan… sementara tuan putri..

Tepung gasol beras merah + asip, lepeh.

Alpukat + asip, emoh. Alpukat doang, sami mawon.

Pisang + asip, buang muka. Pisang doang, tutup rapat mulut.

Pear kukus, nangis kejer. Pear parut, ogah. Dikasih airnya doang, meronta. Pear di potongin panjang, diemut 1-2 kali doang, abis itu dipegangin doang.

Apel parut, sibuk main seat belt. Ditawar-tawarin lagi, nangis.

Duh, nak, ini padahal beli apel sama pear saking semangat ga liat harganya abis dilabelin, 1 biji masa 12-15 rebuan.. huaaa.. terus kamu ga doyan pulaaaa.. akhirnya mamanya makan juga pear dan apel parut saking ogah rugi ahahaha…

Air jeruk baby, buang muka begitu air jeruknya kena bibir.

Sibuk info sana sini, akhirnya cobain kacang-kacangan…

Kacang ijo kupas saring.. eh doyan, dalam arti mau buka mulut lagi waktu disodorin suapan berikut.. Besok-besoknya ogah..

Kacang merah saring +kaldu ceker ayam, maauuuuu.. mama senang.. Besoknya ulang lagi, ga antusias..

Huaaa.. bener-bener deh… Sampai hampir 1 bulan belum ada makanan rutin yg masuk.. Gantian aja nyoba 2-3 hari tiap macam.

Baca dan nanya sana sini bikin bingung juga.. Ada yg bilang, coba terus 1 macam sampai doyan.. Nah loh, klo ga doyan-doyan, ga makan dong? Nanti ga naik-naik dong tekstur makanannya.. Ada yg bilang cari apa yg bayinya doyan.. Okay, lebih masuk akal.. Kombinasiin deh, coba 2-3 kali, kalo ga doyan juga, ganti..

Akhirnya pas mo coba bikin bubur ayam buat papa mamanya pake slow cooker, iseng bikin tanpa garam merica.. dibumbuin bawang putih, bawang merah, seledri, daun bawang. Terus di coba saring bubur ayamnya (iya ayamnya disaring juga, manual, sampai jempol kapalan dan berair hiks), cobain ke Ovel.. eh lumayan deh baru doyan loh, buka mulut dengan suka cita tiap disodorin suapan berikutnya. Lonjak-lonjak *mamanya yg lonjak-lonjak ahahaha* biarpun bubur ayam papa mamanya jadi ga enak dibumbuin garam merica belakangan, yg penting anak tersayang doyan makan.

Ya udah jadi sementara ya bubur ayam saring +kaldu yg rutin dikasih. Sambil di tambah sayur saring juga. Ganti-ganti, brokoli, ato labu.. Wortel kadang-kadang kalo ada potelan dari yg dipake finger food (eh tepatnya sih gigit-gigit dan bejek2 sih). Kalo ga campur kacang merah saring..

Seberapa banyak makannya? Udah 10 hari menuju 8 bulan, ni anak 1 sendok makan bubur aja ga tentu habis.. Tekstur udah dinaikin dari bubur saring, jadi bubur dibejek2 doang.. kadang kalo malas ngunyah juga dilepeh aja yg masih bentuk butiran nasi..

Waktu kasih makan bener-bener mesti paaaaas timing-nya. Ga boleh dekat banget abis nyusu, masih kenyang. Ga boleh kelamaan juga dari nyusu terakhir, keburu lapar dan baru 2 suap udah meronta-ronta pilih mik aja langsung..  Ga boleh pas ngantuk juga. Nah susahnya kalo pagi/sore ga mau bobo, pas mo dikasih makan cranky deh. Dan tangan yg abis rebut-rebut sendok jadi kena bubur ayam itu, di ucek-ucek ke mata, bhuaaaa.. belepotan semua ke muka, kadang rambut.. jadi bau kaldu ayam gitu deh kyaa..

Entar kalo udah pas nih timingnya.. eh, tengah-tengah makan tiba-tiba pup, diangkat ganti popok abis itu ga mau lagi dibalikin ke high chair. Ato udah pas semua, ga pup, eh, ada yg ngetok pintu.. bla..bla.. pas balik mo nyuapin, dah ga mau lagi bocahnya.. huhu..

Apa kabar buah-buah yang dicobain hampir tiap pagi? Hiks, masih aksi tutup mulut aja.. :( huhu…

Curiga ini anak ga demen buah karena ada harum buahnya ya.. Karena kadang bahkan belum kena bibir aja udah buang muka.. tsk..

Sempat dicobain banana oat porridge gitu di campur asip, doyan sih, nah ini ada rasa pisang tapi ga wangi gitu.. Cuma kayanya bikin pup nya agak keras, sampai agak-agak rewel. Biarpun ya tetap sehari bisa 3-4 kali pup ya..

Yaaaa nak, semoga karena kamu udah ngalamin susah makan diawal-awal, ntar ga lagi-lagi ya ga doyan makan kalo dah gedhe.. ehehehe..

TrackBack URI | RSS feed for comments on this post

5 Responses

  1. 1 Nilola24(Tia)
    2013 Feb 11

    Mirip banget sama Kay nih.Tapi sekarang udah mendingan, meskipun termasuk “jual mahal” kalo soal makanan. #mending kalo makanan mahal mau. ini dikasih mahal aja di lepeh. huhuhuh#

    sabar ya mamiiii….mami yang ini juga lagi mungutin sabar biar ga abis stoknya. Hahahaha…

  2. 2 Mamana Clo
    2013 Feb 11

    Gw rasa kasih makan anak itu salah satu seni yang cukup sulit dipelajari.. waktu dsa bilang, kalo emang anaknya susah makan kasar diblender gak pa-pa daripada ga makan samsek.. gw merasa dapat pembenaran untuk ngeblender makanan si bocah kecil kalo lagi ngadat makan hahhaa…

  3. 3 laura
    2013 Feb 12

    blogwalking…salam kenal yaa…
    dulu mpasi pertama anak saya rice cereal sampe bbrp minggu. keknya emg hrs yg plain dulu ya baru dikasi ada rasanya…

  4. 4 Pucca
    2013 Feb 14

    gua ikutan pusing juga bacanya peg, semoga ovel cepet gampang makannya ya, kalo gua jadi elu juga pasti mabok tiap ari mikirin mau kasih makan apa..

  5. 5 Peggy
    2013 Feb 21

    @ Tia, wahaha sama ya ama Kay. Ini juga Ovel apel ama pear mahal ga mau, mamanya ga rela buangnya, dihap juga deh..

    @ Xiao, gue malah lebih malas ngeblendernya hihi.. abis yg disiapin kan sesendok makan doang.. ribet nyiapin blendernya..

    @ Laura, salam kenal juga.. Pertama di cobain tepung beras merah ga doyan juga sih..

    @ Viol, Iya, ini juga ga tiap hari ganti menu sih.. abisan nyiapin sekali gue frozen, saking makannya cuma sesendok makan, lha sekali bikin kan ga mungkin cuma sesendok makan doang..